Kesehatan

Varenicline, Solusi Stop Merokok

Sulitnya berhenti merokok telah terbukti dengan banyaknya perokok yang ingin stop merokok namun gagal, apalagi bagi mereka yang hanya mengandalkan motivasi diri saja. Untuk menjawab tantangan usaha stop merokok, PT. Pfizer Indonesia meluncurkan Varenicline, obat dengan resep dokter.

Penggunaan Varenicline, dilengkapi dengan dukungan dari keluarga dan lingkungan terdekat, diharapkan dapat membuat perokok bisa menjalankan niatnya untuk stop merokok dengan lebih mudah.

Dr. Irawan Rustandi Medical Director PT. Pfizer Indonesia mengatakan bahaya asap rokok dengan ribuan zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya sudah sering disampaikan kepada masyarakat. Tetapi, jumlah perokok di Indonesia tidak juga berkurang, yang dipicu oleh efek adiksi dari nikotin. Survei Varenicline Asian Consumer Research tahun 2006, yang dilakukan oleh Pfizer, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pria perokok paling besar yaitu mencapai 69%.

Dr Tribowo T Ginting SpKJ, spesialis kesehatan jiwa RSUP Persahabatan mengungkapkan banyak perokok yang ingin stop merokok tetapi gagal karena berbagai sebab. Peranan nikotin dalam hal ini sangat besar. Nikotin yang terhirup bersama asap rokok akan diterima oleh reseptor otak yang kemudian melepaskan dopamine. Zat ini memberikan efek nikmat dan menenangkan. Pada saat tidak merokok kadar dopamine juga menurun sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman serta stres. Akibatnya, perokok kembali harus merokok.

Proses tersebut memperlihatkan bahwa merokok bukanlah sekedar kebiasaan buruk saja. Rokok memiliki sifat candu seperti halnya narkotika dan obat-obat terlarang lainnya.

“Karena itu, dalam menangani masalah merokok dibutuhkan intervensi klinis jangka panjang seperti yang dilakukan pada kasus-kasus kecanduan lainnya. Datanglah ke dokter dan mintalah penanganan yang tepat,” lanjutnya.

Sementara itu, Dr Agus Dwi Susanto SpP, spesialis paru mengatakan Varenicline merupakan salah satu solusi membantu usaha para perokok terbebas dari kebiasaan yang merusak kesehatan. Varenicline adalah obat non-nikotin pertama yang secara spesifik diciptakan untuk stop merokok. Obat pertama dari sebuah golongan baru terapi stop merokok ini bekerja dengan cara yang unik.

Mekanisme kerja obat ini, kata Agus, yaitu dengan menghalangi menempelnya nikotin pada reseptor di otak sehingga dapat mengurangi rasa nikmat dan nyaman (efek reward) yang ditimbulkan karena merokok dan obat ini juga menstimulasi pelepasan dopamin secara parsial sehingga mengurangi gejala craving (berupa gejala sulit berkonsentrasi, bad mood, pusing) saat seseorang mulai stop merokok.

Obat yang tidak mengandung nikotin ini telah melalui berbagai penelitian medis yang menguji keampuhan dan profil keamanan obat. Salah satunya adalah riset yang membandingkan Varenicline, plasebo dan Bupropion SR dalam hal membantu proses stop merokok. Dari hasilnya terlihat bahwa peluang keberhasilan stop merokok pada pasien yang menggunakan Varenicline hampir dua kali lipat dibandingkan mereka yang menggunakan bupropion, dan hampir 4 kali lebih efektif sebagai obat anti rokok dibanding plasebo.

Pada studi lainnya, di antara pasien yang berhasil stop merokok setelah mengkonsumsi Varenicline dalam 12 minggu, 71% pasien yang mendapatkan tambahan terapi Varenicline selama 12 minggu berikutnya tetap bertahan berhenti setelah enam bulan, dibandingkan dengan keberhasilan tambahan terapi placebo yang hanya 50%.

Varenicline secara signifikan menurunkan perasaan ingin kembali merokok, yang merupakan gejala ketergantungan dari pengurangan kadar nikotin dalam tubuh (withdrawal syndrome). Obat ini juga memiliki efek antagonis yang akan mengurangi rasa nikmat yang ditimbulkan apabila seorang pasien kemudian merokok kembali. Selain itu, berbagai uji klinis juga menunjukkan bahwa Varenicline secara umum dinyatakan aman.

Selain pemberian obat resep sebagai bentuk terapi farmakologi dalam bentuk TABLET untuk membantu melepaskan ketergantungan terhadap nikotin, keinginan perokok untuk stop harus didukung penuh oleh lingkungan terdekatnya. Kuatnya efek kecanduan yang ditimbulkan oleh nikotin harus juga dibantu faktor non farmakologis dalam bentuk dukungan serta motivasi dari lingkungan sekelilingnya.

Quitters are champion
Untuk membantu proses stop merokok, bersamaan dengan peluncuran Varenicline PT. Pfizer Indonesia bekerjasama dengan Klinik Berhenti Merokok RS. Persahabatan juga menciptakan sebuah program disease management yang diberi nama “Quitters Are Champions!”.

Peluncuran Varenicline beserta program disease management ini diharapkan dapat membantu dokter menangani pasien yang ingin stop merokok secara komprehensif. Masyarakat juga diharapkan dapat memberikan motivasi, dukungan serta menciptakan situasi yang kondusif bagi mereka yang ingin stop merokok.

Quitter Are Champions merupakan program yang diikuti 18 orang yang lolos seleksi medis. Para peserta diwajibkan mengikuti berbagai sesi konseling dan terapi farmakologis di bawah pengawasan medis untuk mengatasi keinginan terus merokok. Dalam waktu tiga bulan, para peserta program ini berhasil lepas dari rokok.

Untuk sukses melepaskan diri dari jeratan nikotin, program ini harus mendapat dukungan penuh dari keluarga atau teman para perokok. Para bekas perokok ini menyatakan bahwa dukungan dari lingkungan dan orang-orang terdekatnya sangat penting dalam diri mereka. Pada umumnya motivasi terbesar para perokok untuk berhenti memang karena faktor keluarga.

Program ini akan berlangsung selama tiga bulan (September s/d November 2009), di bawah pengawasan tim medis dari Klinik Berhenti Merokok RS. Persahabatan.

HINDARI KOPI BILA MABUK

Ilmuwan di Amerika Serikat menuturkan bahwa kopi tidak bisa membuat seseorang menjadi tenang. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Temple University di Philadelphia menunjukkan minuman yang berkafein membuat seseorang menjadi lebih waspada atau terjaga.

Menikmati suasana dugem melepas stres kadang membuat orang minum hingga mabuk. Satu hal yang pasti sebaiknya hindari kopi karena kombinasi kopi dan alkohol akan membuat orang mabuk menjadi sangat sulit untuk sadar.

“Mitos yang berkembang bahwa kopi bisa menenangkan sama sekali tidak benar, karena konsumsi kafein dan alkohol akan memberikan efek yang buruk dan bisa menimbulkan malapetaka,” ujar ketua penelitian Thomas Gould.

Orang yang merasa lelah dan mabuk setelah mengonsumsi alkohol cenderung lebih bisa mengakui bahwa dirinya mabuk. Sementara kombinasi antara kafein dan alkohol bisa mengarah pada risiko serius bagi orang tersebut.

Berdasarkan penelitian didapatkan kafein gagal dalam mengembalikan efek negatif dari alkohol. Memang seseorang yang mengonsumsi kafein dapat membuat orang tersebut menjadi lebih tenang, tapi jika dikonsumsi saat mabuk bukan ketenangan yang didapat melainkan risiko berbahaya.

Beberapa orang memag percaya bahwa kopi bisa menenangkan orang yang sedang mabuk, tapi sebaiknya mitos ini dihilangkan.

“Semua bukti penelitian justru mengarah ke risiko serius yang bisa ditimbulkan dari kombinasi kafein dan alkohol,” ujar Dr Gould. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Behavioural Neuroscience.

Minuman yang bisa menghindari rasa sakit di kepala saat atau setelah mabuk adalah air putih yang telah dicampur dengan madu. Kombinasi minuman ini bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Jika Anda memang benar-benar ingin menikmati suasana atau melepaskan stres, sebaiknya kontrol diri agar tidak mabuk. Karena banyak kerugian yang bisa ditimbulkan dari mabuk, seperti terganggunya keseimbangan tubuh, menurunkan sistem kekebalan dan berisiko tinggi terjadinya kecelakaan.

CARA MUDAH MENGATASI STRESS

Mempersiapkan banyak hal ketika Natal dan tahun baru, pastinya mampu membuat Anda menjadi stres. Ketika Anda stres tentang semua detail ini, bisakah Anda menyisihkan uang dan menyempatkan diri berileksasi di spa? Anda mungkin memerlukan bantuan untuk mengatasi stres ini. Berikut adalah tiga hal yang mudah dilakukan bagi Anda dan pasangan Anda dalam menyegarkan kembali tubuh Anda.

1. Bernapas dalam-dalam dan berbaringlah di lantai atau tempat yang tenang dan tutup mata Anda. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, biarkan aliran udara ke daerah perut Anda. Bayangkan tubuh Anda terisi dengan kedamaian saat Anda menarik napas dan biarkan stres mengalir keluar dari Anda ketika Anda menghembuskan napas dalam-dalam. Biarkan pikiran Anda jernih, sambil fokus mengisi udara pada tubuh Anda. Ulangi sampai pernapasan lambat dan santai.

2. Lakukan peregangan, tarik tubuh Anda ke atas. Anda mungkin mengalami sakit kepala atau ketegangan. Ini semua adalah tanda-tanda tubuh Anda sedang stres. Luangkan waktu untuk peregangan, bernapas dalam-dalam saat Anda melakukannya.

Yoga adalah cara yang bagus untuk peregangan dan menjernihkan pikiran Anda. Duduklah pada telapak kaki dan membungkuk ke depan, coba untuk meregangkan tulang belakang Anda dan dekatkan dahi ke lantai. Letakkan tangan Anda di samping Anda saat Anda menutup mata Anda dan hirup udara dalam-dalam.

3. Sesuaikan diet Ketika Anda stres, hindari kafein, coklat dan alkohol. Jenis makanan tersebut merupakan makanan yang mudah didapat namun dapat menambah tingkat stres Anda. Pastikan Anda minum banyak air dan mencoba untuk makan lebih banyak sayur-sayuran yang akan membantu menjaga sistem metabolisme Anda.

Luangkan waktu untuk menikmati lingkungan yang damai. Pergilah sepuluh menit berjalan kaki di tengah hari Anda untuk menghargai alam dan arsitektur. Hindari sejenak berpikir tentang apa saja terkait bisnis, keluarga dan pusatkanlah pada apa yang Anda lihat dan bagaimana rasanya menyenangkan berada di luar. Anda akan kembali jauh lebih mampu menghadapi apa yang terjadi.

6 KELAINAN BAYI PREMATUR

Bayi lahir prematur cenderung bermasalah dibanding bayi lahir normal.
Butuh kesabaran dan kecermatan ekstra baik dari dokter yang merawat ataupun dari orang tua. Menurut dr. Rinawati SpA (K) Neonatologi, Bayi prematur adalah bayi yang lahir kurang bulan menurut masa gestasinya (usia kehamilannya). Adapun usia kehamilan cukup bulan adalah 37-41 minggu.

Dibanding bayi yang lahir normal, bayi prematur memang cenderung bermasalah. Dengan prematurnya masa gestasi maka dapat menyebabkan ketidakmatangan pada semua sistem organ, misalnya pada sistem pernapasan (organ paru-paru), sistem peredaran darah (jantung), sistem pencernaan dan sistem saraf pusat (otak).

Ketidakmatangan pada sistem-sistem organ itulah yang membuat bayi
prematur cenderung mengalami kelainan-kelainan dibanding bayi normal. Rinawati menjelaskan kelainan-kelainan yang menyertai pada bayi prematur diantaranya:

1. Sindrom gangguan pernapasan
Kelainan ini terjadi karena kurang matangnya paru-paru sehingga jumlah surfactant (cairan pelapis paru-paru) kurang dari normal. Hal ini menyebabkan paru-paru tidak dapat berkembang sempurna.

2. Perdarahan otak
Ini biasanya terjadi pada minggu pertama kelahiran, terutama pada bayi prematur yang lahir kurang dari 34 minggu. Karena perdarahan otak inilah bayi prematur biasanya tumbuh menjadi anak yang relatif kurang cerdas dibanding anak yang lahir normal.

3. Kelainan jantung
Dalam hal ini yang sering terjadi adalah Patent Ductus Arteriosus atau adanya hubungan antara aorta dengan pembuluh darah jantung yang menuju ke paru-paru.

4. Kelainan usus, yang disebabkan imaturitasnya dalam menerima nutrisi.

5. Anemia.

6. Infeksi.

dr. UF Bagazi SpOG dari Brawijaya Women & Children Hospital mengatakan persalinan prematur memang angka kejadiannya tidak terlalu banyak, akan tetapi perlu beberapa perhatian khusus. Konsekuensi melahirkan bayi prematur akan memerlukan dukungan dari ruang khusus NICU (Neonatal Intensive Care Unit) sesuai dengan keperluan bayi tersebut.

YOGA MATA UNTUK MATA LELAH

Setelah zamannya body language dan tae-bo, kini giliran yoga yang banyak diminati. Olahraga yang aslinya berasal dari India ini memang tengah menjadi trend. Apalagi karena yoga juga disebut-sebut sebagai pengendali stres.

Tak heran bila banyak penduduk kota kosmopolitan ini yang tertarik.
Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta, yang artinya “penyatuan tubuh, pikiran dan pernafasan”. Inti latihannya memang lebih menekankan pada stretching dan pernapasan. Hasilnya? Mereka yang telah melakukan yoga mengakui tubuh mereka menjadi lebih lentur, ditambah pikiran menjadi tambah jernih dan tenang.

Yang menarik, ternyata yoga juga memiliki latihan khusus untuk mata lelah akibat banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Mata lelah ini diakui para ahli bisa mengganggu penglihatan. Tapi gejala yang disebut computer-vision syndrome ini bisa diatasi dengan latihan yoga untuk mata.

Berikut cara mudahnya.
1. Ambil posisi tegak sambil bersandar pada kursi kedipkan mata dengan cepat sebanyak 50 kali.

2. Lakukanlah setiap jam, dan usahakan kedipan Anda meningkat menjadi 100 kali.

3. Akhiri latihan dengan menutup mata, sambil tarik nafas dalam-dalam sampai otot-otot.

Bagaimana, cukup mudah? Anda paling tidak hanya membutuhkan 5 menit untuk melakukannya. Setelah itu siap kembali bekerja dan mata Anda pun tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

  • Musik Mensinkronisasikan Irama Kardiovaskuler

Musik memang bisa menenangkan dada yang berdebar, menurut sebuah penelitian irama jantung seseorang cenderung akan mengikuti irama musik.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam ‘Circulation’ jurnal, para peneliti dari Italia menemukan bahwa detak jantung, tekanan darah, dan aliran darah orang dewasa yang sehat berubah ketika merespon irama musik crescendo dan decrescendo.

Dengan menggunakan beberapa pilihan musik klasik, para peneliti menemukan bahwa musik crescendo — musik yang secara bertahap bertambah volume dan intensitasnya — umumnya memicu peningkatan penyempitan pembuluh darah, tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan. Hal sebaliknya terjadi pada musik decrescendo, irama musik yang secara bertahap bertambah volumenya.

Penemuan tersebut, kata para peneliti, mendukung penggunaan musik sebagai bentuk terapi untuk tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

“Irama musik tersebut (crescendo atau decrescendo) secara terus-menerus ditangkap oleh sistem repiratori dan kardiovakuler,” Dr. Luciano Bernardi, seorang profesor ahli penyakit dalam di Universitas Pavia, mengatakan dalam news release dari American Heart Association.

“Ini bukti yang istimewa karena musik kaya penekanan, seperti musik opera,” Bernardi menjelaskan. “Penemuan ini meningkatkan pengetahuan kami tentang bagaimana musik bisa digunakan dalam pengobatan yang bersifat rehabilitasi.”

Penelitian tersebut melibatkan 24 orang dewasa muda, sebagian merupakan penyanyi yang terlatih dan sebagian lagi tidak memiliki latar belakang musik. Setiap partisipan mendengarkan berbagai jenis pilihan sambil ditempelkan pada monitor yang melacak detak jantung, pernapasan, tekanan darah, dan pembesaran pembuluh darah dibawah kulit.

Para peneliti menemukan bahwa bersamaan dengan respon terhadap crescendos dan decrescendos, bagian irama musik tertentu nampaknya mengsinkronisasikan “irama jantung yang ada” pada para partisipan.

Bagian-bagian musik, dari dua lagu oleh Verdi, lamanya sekitar 10 setik, tim Bernardi mencatat, yang mirip dengan getaran standar dalam tekanan darah. Sebaliknya, nyanyian solo yang lebih “intelektual” dari Bach memiliki sedikit pengaruh pada irama kardiovaskuler secara relatif.

Para peneliti memperingatkan bahwa respon kardiovaskuler terlihat sama dalam ketiadaan respon emosional terhadap musik dan mengubah pernapasan tidak diperlukan untuk melihat pengaruh kardiovaskuler.

Penemuan tersebut, para peneliti mengatakan, menganjurkan bahwa musik entah bagaimana mempengaruhi secara langsung kontrol sistem kegelisahan dari irama kardiovaskuler.

“Musik menyebabkan perubahan yang berkelanjutan, dinamis — dan secara luas yang terprdiksi — dalam sistem kardiovaskuler,” kata Bernardi. “Bukan hanya emosi yang membuat perubahan dalam kardiovaskuler, tapi penelitian ini menyarankan bahwa hal yang berlawanan juga mungkin bisa, perubahan kardiovaskuler mungkin menjadi substrat bagi emosi, kemungkinan dalam cara yang bi-directional.”

  • Jangan Potong Wortel Sebelum Dimasak

Zat anti kanker dalam wortel bertambah 25 persen jika wortel dimasak secara utuh daripada dipotong-potong dulu sebelumnya, menurut hasil sebuah penelitian.

Wortel itu juga rasanya lebih enak, menurut ilmuwan dari Newcastle University, karena kandungan gula di dalamnya lebih banyak yang masih tersimpan.

“Memotong wortel meningkatkan area permukaannya sehingga lebih banyak zat gizi yang terlepas ke dalam air ketika anda memasaknya,” kata pemimpin penelitian Dr Kirsten Brandt.

“Dengan memasaknya secara utuh dan memotongnya setelah dimasak, anda mengunci zat gizi dan rasa di dalam wortel.”

Brandt, bersama dengan rekan-rekannya di University of Denmark, menemukan manfaat sehat dari kandungan anti kanker falcarinol di dalam wortel empat tahun lalu.

Tes rasa secara tertutup yang dilakukan diantara 100 orang juga menemukan bahwa 80% lebih memilih rasa wortel yang dimasak secara utuh.

  • Tanda Air Seni yang Tidak Sehat

Ketika kita sedang buang air kecil, mungkin kita akan menemukan warna air seni yang tampak tidak wajar, dibawah ini terdapat informasi warna air seni yang tidak wajar dan penyebabnya :

Merah muda,merah atau kecoklatan penyebabnya mungkin terdapat darah dalam air seni yang diakibatkan infeksi,peradangan atau suatu pertumbuhan pada saluran kemih. Namun, bahan pewarna makanan juga bisa muncul dalam air seni dan menimbulkan perubahan warna.

Kuning gelap atau oranye penyebabnya jika kekurangan air minum, air seni akan menjadi lebih pekat dan warnanya menjadi lebih gelap. Kekurangan cairan karena diare, muntah atau banyak berkeringat, dapat membuat air seni lebih pekat dari biasanya.

Cokelat bening dan gelap penyebabnya penyakit kuning akibat gangguan pada hati atau empedu (hepatitis) adalah salah satu kemungkinan, terutama bila kotoran tinja menjadi pucat, warna kulit serta putih mata menjadi kekuningan.

Hijau atau biru penyebabnya hampir pasti akibat bahan pewarna pada makanan atau obat, jadi tidak perlu cemas sebab warna tersebut akan hilang tanpa akibat membahayakan.

Sumber: Ciri – ciri air seni yang tidak sehat oleh Handoyo 2008

  • Penyebab Batuk, Gejala, dan Pengobatannya

Mungkin, semua orang pasti pernah mengalami batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis.

Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk.

Batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan. Dalam jalan udara di tenggorokan ada banyak rambut getar yang terus bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan, tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk. Tapi batuk juga bisa menjadi gejala dari sesuatu penyakit.

Faktor Penyebab. Batuk disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Sedangkan batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi, antara lain alergi, asma, atau pun debu. Sekadar diketahui, penyakit asma juga disertai batuk. Jika penderita asma terkena udara dingin, asma yang dideritanya akan kambuh. Dan itu biasanya disertai dengan batuk.

Selain itu, ada pula batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi yaitu makanan yang merangsang tenggorokan. Ada pula karena kanker. Batuk karena orang sering merokok sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk berdahak pada orang yang sakit disebabkan oleh adanya kalainan dalam tubuh terutama pada saluran napas atau bronkitis.

Gejala-gejala. Batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

Jika tidak segera diobati, bisa terjadi batuk berdahak akut. Bila sudah akut kemungkinan besar sulit diobati. Tambahan lagi, batuk berdahak yang berlebihan akan menimbulkan infeksi. Batuk berdahak yang terlalu sering akan membuat tenggorokan menjadi luka dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan.

Pengobatan. Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari tempat yang berdebu atau pun makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari juga udara malam karena suhunya yang dingin.

Cara lain adalah minum obat batuk. Tapi tidak boleh sembarangan. Obat batuk yang digunakan harus sesuai dengan jenis batuk. Obat batuk dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ekspektoran (pengencer dahak) dan antitusif (penekan batuk). Batuk berdahak akibat infeksi bisa juga diobati dengan antibiotik. Batuk berdahak karena virus dapat diobati dengan obat anti jamur. Sementara batuk berdahak karena asma dapat diobati dengan obat asma seperti obat inhalasi (inhaler), obat makan, dan suntik. Bila batuk berdahak sudah akut, perlu dipikirkan untuk melakukan operasi. Setelah itu ada kemoterapi dan sinar.

  • Titik Terang Penyembuhan HIV / AIDS

Lebih dari 19.2 juta perempuan, pun terus bertambah, hidup dengan HIV / AIDS di seluruh dunia. Pada banyak negara, tingkat infeksi HIV pada perempuan meningkat jauh lebih tajam daripada kelompok lainnya. Dan sebagaimana diketahui, data ini hanya puncak dari gunung es.

Akan tetapi perkembangan teknologi penyembuhan kini menemui titik terang akan usaha mereka mencegah penyebaran virus mematikan ini.

Beberapa peneliti menyatakan bahwa obat yang digunakan untuk mengkontrol (Human Immunodeficiency Virus) HIV / AIDS kini dianggap mampu menjadi obat pencegah penyebaran penyakit tersebut. Ini merupakan perkembangan penelitian paling menjanjikan dalam kurun 20 tahun terakhir di dunia kedokteran.

Beberapa obat yang dimaksud ialah tenofovir (Viread) dan emtricitabine, atau FTC (Emtriva),  penelitian sebelumnya diarahkan untuk menemukan vaksin melawan HIV/AIDS, dengan maksud mengadaptasikan kondisi kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. Akan tetapi obat-obatan ini bekerja dengan cara berbeda. Mereka menjaga virus agar tidak mampu reproduksi, sehingga virus tidak dapat menyebar di dalam tubuh. Hal ini telah digunakan oleh beberapa petugas klinik kesehatan guna mencegah mereka terjangkit dari virus yang dibawa pasien.

Pendekatan untuk melawan HIV / AIDS ini, telah dikerjakan bertahun-tahun, namun baru belakangan menjadi nyata ketika obat pencegah yang dikembangkan sangat aman dikonsumsi mereka yang belum tertular. Obat-obatan sebelumnya tidak memiliki efek nyata terhadap mereka yang belum terinfeksi.

Meskipun baru diujikan kepada monyet, namun menunjukan hasil yang menggembirakan. Penelitian terkini dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat penelitian dan Pencegahan Penyakit di Atlanta, AS.  Memberikan monyet-monyet uji coba dengan gabungan Tenofovir dan FTC untuk dicampur dengan virus AIDS monyet dan manusia.

Masing-masing telah diberi virus selama 14 minggu, dan tidak ada satupun yang menjadi terjangkit. Sementara dalam kelompok lainnya yang tidak diberi obat,  semua menjadi terjangkit virus, terkecuali satu yang tidak terinfeksi penyakit.

Para peneliti kemudian menghentikan pemberian obat, untuk menguji apakah pencegahan hanya bersifat sementara. Hasilnya cukup mengagumkan. Tidak ada monyet yang menderita penyakit. “kami kini telah mengikuti mereka selama empat bulan, tanpa obat, tanpa virus. Mereka tidak terinfeksi dan sehat,” tutur seorang peneliti CDC, seperti dilansir Health Guidance.

  • Gemuk Itu Tidak Sehat

Memiliki balita gemuk dan membuatnya menjadi lucu menggemaskan rupanya menjadi dambaan setiap pasangan. Tetapi, kegemukan merupakan masalah kesehatan, jika karenannya bayi menjadi lucu itu memang benar.

Mulai hari ini, buanglah jauh-jauh anggapan anak gemuk itu lucu dan sehat. Persepsi ini salah. Pada dasarnya, kegemukan (obesitas) terjadi karena ketidakseimbangan antara masuk dan keluarnya energi. Akibatnya, terjadilah kelebihan energi, yang selanjutnya disimpan dalam bentuk jaringan lemak.

demikian penjelasan Dr. dr. Damayanti Sjarif, Sp.A(K) dari Divisi Gizi dan Penyakit Metabolik, RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Banyak penyakit yang bisa timbul karena kegemukan, misalnya gangguan penyakit hati, penyumbatan atau gangguan saluran pernapasan ketika tidur, dengan gejala mengompol sampai mengorok, serta usia yang lebih pendek daripada generasi orang tuanya.

Kemungkinan ini terlihat dari berbagai risiko penyakit yang lebih mudah hinggap pada anak-anak yang kegemukan. Penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti pembesaran jantung atau peningkatan tekanan darah. Gangguan metabolisme glukosa. Misalnya, intoleransi glukosa. Gangguan kedudukan tulang, berupa kaki pengkor atau tergelincirnya bagian sambungan tulang paha (terutama pada anak laki-laki). Gangguan kulit, khususnya di daerah lipatan, akibat sering bergesekan. Gangguan mata (penglihatan ganda), terlalu sensitif terhadap cahaya, dan batas pandangannya jadi lebih sempit.

Oleh karena itu, segeralah bertindak! Sebagai orang tua sewajarnya berperan besar dalam menjaga kesehatan buah hati tercinta, dan menjadi penjaga sekaligus penasihat gizi anak.

Atur pola makan si kecil, pilih menu makanan si kecil dengan zat-zat gizi yang seimbang. Juga, jumlah makanannya mesti pas. Mintalah saran dokter atau cari informasi lebih rinci di berbagai media kesehatan.

Dengan beraktivitas fisik, energi yang keluar diharapkan bisa seimbang dengan banyaknya makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, rangsang buah hati anda untuk bergerak ketika waktunya bermain, biarkan ia lepas dari gendongan anda.

Pencegahan kegemukan pada balita sebenarnya bisa dimulai dari pemberian ASI secara eksklusif. Sebab, pemberian ASI tidak akan membuat intake susu si kecil berlebihan.

Jadi, jangan tunggu lama-lama. Jika anda atau suami sudah kegemukan plus banyak yang memuji betapa gemuknya si buah hati. Itulah lonceng introspeksi!

  • Tersenyumlah Sebelum Marah

Banyak studi yang menunjukkan keterkaitan antara amarah dan kesehatan jantung. Penelitian baru-baru ini yang ditampilkan di Journal of the American Heart association semakin memperkuat keterkaitan tersebut. Menurut jurnal tersebut, orang yang amarahnya meledak-ledak akan menyebabkan detak jantungnya tidak teratur (disebut atrial fibrillation – AF). AF akan meningkatkan resiko penggumpalan darah menuju otak, sehingga berakhir dengan stroke.

Studi serupa juga dilakukan di Johns Hopkins School of Medicine terhadap 1300 pria berusia menjelang 40 tahun. Pria-pria yang mudah marah akibat stres beresiko terserang penyakit jantung tiga kali lebih besar.

Kemukakan empat pertanyaan pada diri anda. Pertama, apakah masalah ini begitu penting bagi saya? Kemarahan seringkali dilakukan akibat emosi yang diluar kontrol, dan reaksi yang anda tunjukan seringkali disesali kemudian. Oleh sebab itu, tanyakan kepada diri anda sendiri, seberapa pentingkah untuk mengungkapkan emosi dengan cara demikian.

Kemudian, apakah apa yang saya pikir dan rasakan layak dalam situasi seperti ini? Evaluasi reaksi anda terhadap suatu peristiwa, dan berikan penilaian untuk anda pribadi. Misalnya jika anda setuju bahwa tindakan tersebut merupakan hal yang terbaik tak apa, tetapi jika tidak, perbaikilah! Pikirkan juga kemungkinan jika anda berada pada posisinya, sehingga anda tidak akan berbuat sesuai ego pribadi.

Lalu, apakah situasi ini dapat di”modifikasi” sehingga akan mengurangi pikiran negatif saya? Mempraktikkan hal ini jauh lebih mudah daripada anda membacanya. Gambarkan peristiwa yang baru saja anda lewatkan penuh emosi, dan pikirkan ulang saat emosi anda sudah mereda, cari kemungkinan lain untuk keluar dari masalah tersebut tanpa perlu melibatkan emosi. Ingatlah hasil renungan tersebut, dan praktikkan ketika anda mengalami situasi yang serupa.

Terakhir, tanyakan apakah dengan marah saya bisa menyelesaikan masalah? Kecenderungan amarah muncul adalah sebagai reaksi emosi secara spontan, artinya timbul sebagai jawaban cepat menghadapi sebuah persoalan, dan belum tentu benar. Oleh sebab itu, ketika anda menemui permasalahan, cegah amarah dengan pertanyaan kecil ini, pun tersenyumlah!

Senyum akan mampu memberikan sedikit kesegaran sebagai reaksi yang ditimbulkan oleh senyum anda, daripada anda memulai dengan kalimat menuding dan bersikap defensif, misalnya menggunakan kata “kamu”, atau “dia,” yang justru akan membuat situasi semakin parah.

Kondisi demikian bukan saja makin memancing emosi diri sendiri, melainkan juga lawan bicara anda pada situasi tersebut. Ketika itu terjadi, maka anda pun makin tidak dapat lagi mengontrol emosi, karena gejolaknya yang terus saja menderu untuk keluar. Oleh sebab itu, sebelum hal macam itu terjadi, kembalikan diri pada empat pertanyaan tadi.

  • Perkuat Imunitas Tubuh

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan menangkal semua jenis kuman dan virus yang hendak masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, penyakit tidak mudah menyerang. Oleh sebab itu tingkatkan selalu daya tahan tubuh melalui

Makan makanan bergizi yang mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, dan mineral. Bila makanan ini yang dimakan setip hari kurang bergizi, tubuh akan lemas dan rentan penyakit. Hal itu membuat daya tahan menurun.

Rutinitas kerja yang padat kadang membuat orang kurang istirahat. Salah satu dampak kurang istirahat adalah penurunan daya tahan tubuh. Maka, luangkan waktu untuk beristirahat dengan tidur sekitar 6-8 jam sehari.

Pilih olahraga sesuai kemampuan tubuh seperti senam, lari, tenis, sepakbola. Dengan berolahraga teratur, fisik menjadi bugar dan daya tahan tubuh menjadi baik.

Mengontrol stres juga harus anda kuasai. Beban dan tanggung jawab pekerjaan mempengaruhi kondisi  psikologis. Bisa menyebabkan stres yang ditandai dengan menurunnya konsentrasi dan nafsu makan, sulit tidur, dan mudah emosi.

Tak lupa mengkonsumsi vitamin berupa suplemen untuk menunjang kegiatan anda sehari-hari. Sesuaikan juga dengan jenis kegiatan anda dan rutinitas yang anda geluti. Meningat tak semua orang mampu memenuhi kebutuhan gizi.

sumber : http://www.perempuan.com/new/index.php?cid=5&mode=cat&param=MDY6MzA6MDk6MDk6MDY6NTg%3D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: