teman sejati

  • Arti Sahabat

Sahabat yang baik adalah sahabat yang juga memberikan dampak baik untuk kesehatan anda. Berbicara dengan sahabat dengan secangkir kopi, pergi menonton pertandingan, atau mengobrol sementara anak anda bermain adalah cara yang sederhana namun ampuh dalam menjaga hubungan
persahabatan. Hubungan tersebut akan menambah rasa saling memiliki, harga diri, dan kesehatan mental positif anda.

Persahabatan akan membantu anda meredakan trauma akan perceraian, kehilangan pekerjaan, atau kehilangan orang tercinta. Sahabat anda adalah orang yang akan mendorong anda untuk berhenti dari kebiasaan buruk anda, seperti minum-minum. Atau mereka juga orang yang akan memaksa anda menemui dokter ketika anda merasa kurang sehat, sangat sedih, atau gelisah. Sahabat juga bisa menjadi tempat berbagi disaat-saat bahagia anda, seperti saat melahirkan, mendapat pekerjaan baru atau rumah baru.

Anda dapat merayakan saat-saat bahagia dengan mereka atau mereka memberikan kenyamanan pada anda disaat-saat anda sedih. Mengetahui bahwa sahabat-sahabat anda akan selalu ada untuk anda akan menghindarkan anda dari reaksi buruk ketika anda mengalami situasi yang bisa membuat anda stres.

Mencari teman sejati memang sulit, tapi apakah kita juga merupakan teman yang sejati? Jika anda belum menemukan teman yang sangat anda sukai, awalilah dengan menjadi seorang bisa disukai teman-teman anda. Berikut ini adalah tips menjadi teman yang disukai:

1. Jadilah pendengar yang baik.

Jangan pernah sekalipun anda bersikap menggurui. Memberi nasihat boleh-boleh saja, tapi jangan melakukannya dengan cepat. Perlahan-lahan namun pastikan teman anda itu mendengarkannya.

2. Setiap orang memiliki pribadi yang unik dan khas.

Cobalah mengerti bagaimana karakter teman anda. Hormatilah pendapatnya. Walau kadang kalian bisa saling berbeda pendapat dan keyakinan, namun pasti ada jalan tengah yang bisa ditempuh asal jangan tergesa-gesa memutuskannya.

3. Peliharalah kepercayaan yang telah diberikan oleh teman dekat anda.

Jangan pernah sekali-kali kamu mengobral rahasia teman anda pada orang lain. Saling menjaga rahasia, anggap saja antara kalian ada sebuah permainan yang hanya bisa dimainkan oleh anda dan teman anda.

4. Berilah dukungan dan pujilah teman anda

kesampingkan kesalahannya dan kelemahannya, biasakanlah selalu memuji dan mendukungya dalam segala apapun yang dia lakukan. karena dengan begitu anda telah berhasil menunjukkan status anda sebagai sahabat sejati, selama yang di lakukan tidak membawa dampak rugi baginya.

5. Jangan pernah merasa iri.
Kebahagiaannya adalah kebahagiaan anda juga. Ikut berbahagialan atas keberhasilan teman anda.

6. Dekat bukan berarti harus tergantung satu sama lain.
Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah ‘jarak’ yang wajar. Mundurlah sedikit bila anda merasa pertemanan sudah terlampau dekat. Sebaliknya, mendekatlah kala anda merasa pertemanan sudah semakin renggang.

7. Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan refreshing bersama.
Kembangkan sikap toleransi, fleksibilitas, asertif, empati dan belajar saling memahami.

8. Jangan pernah ragu untuk minta maaf pada teman anda saat anda melakukan sebuah kesalahan padanya.

Setelah itu berusahalah perbaiki kesalahan anda. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.Apakah Pertemanan Anda Pertemanan yang Sehat?

  • Ada tiga hal yang anda harus sadari tentang hubungan pertemanan anda. Hal-hal tersebut yang dapat mencerminkan apakah hubungan pertemanan anda sehat atau tidak.

1. Anda sadar kalau hubungan pertemanan anda sehat bila anda merasa senang berada didekat teman-teman anda. Sedangkan pertemanan yang tidak sehat dapat membuat anda marah, sedih, takut, atau cemas.

2. Pertemanan yang sehat melibatkan keseimbangan antara memberi dan menerima. Sedangkan yang tidak sehat ada ketidakadilan dalam keseimbangan itu. Anda mungkin sering merasa bahwa anda lebih banyak memberi perhatian pada teman anda dibandingkan yang diberikan teman anda pada anda.

3. Anda seharusnya merasa aman berada didekat teman anda dan anda merasa dapat mempercayakan rahasia anda padanya. Dalam pertemanan yang sehat, anda akan merasa senang menghabiskan waktu bersama teman-teman anda bukan merasa dipaksa untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Hubungan yang tidak sehat tidak melibatkan kepercayaan dan saling menghargai didalamnya. Padahal kedua hal tersebut adalah hal yang peling penting dalam sebuah hubungan baik dengan keluarga, teman, atau kekasih. Tidak ada seorang pun yang pantas memiliki hubungan yang tidak sehat.Jagalah Persahabatan anda

Membangun dan menjaga persahabatan agar tetap sehat membutuhkan give and take. Suatu saat andalah yang memberikan support kepada sahabat, dan di lain kesempatan andalah yang menerimanya. Membiarkan sahabat-sahabat anda tahu bahwa anda sayang dan peduli pada mereka akan memastikan bahwa support mereka tetap bertahan kuat saat masa-masa yang sulit.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga persahabatan anda tetap sehat dan suportif:

- Bersikap santai. 

Jangan banjiri teman anda dengan telepon-telepon atau e-mail. Berkomunikasilah secara singkat. Lima menit berbicara ditelepon atau beberapa kalimat dalam e-mail. Cari tahu jam berapa yang dianggap terlalu pagi atau larut untuk menelepon dan hormati aturan itu. Buat rencana jika suatu saat anda mengalami saat yang buruk. Anda mungkin membutuhkan waktu untuk menyendiri dan sedikit menjauh dari sahabat anda.

- Sadari apa yang sahabat-sahabat rasakan terhadap anda.

Tanyakan mereka secara jujur tentang apa yang mereka rasakan terhadap satu sama lain secara jujur. Catat apa saja yang perlu anda perbaiki dan berusahalah untuk memperbaikinya.

- Jangan bersaing.

Jangan biarkan persahabatan berubah menjadi medan persaingan siapa yang paling kaya, siapa yang pakaiannya paling keren, atau siapa yang mempunyai mobil paling bagus. Dan jangan bertikai dengan sesama sahabat. Hal itu hanya akan membaut persahabatan menjadi permusuhan.

- Buat image diri yang realistis dan baik.

Kesombongan atau selalu mengkritik hanya akan membuat persahabatan rusak.

- Galilah jiwa kederwanan, kejujuran, dan murah hati anda.

Hal itu juga akan meningkatkan rasa percaya diri anda dan membuat anda menjadi sahabat yang menghibur dan menarik.

- Jangan memberikan komplain tanpa belas kasihan. 

Memberikan komplain terus-menerus akan membuat persahabatan menjadi menjemukan. Bicarakan pada sahabat-sahabat anda hal-hal yang membuat anda tidak senang.

- Miliki pandangan yang positif.

Buatlah lelucon-lelucon dari segala hal. Tertawa itu bisa menular.

- Menjadi pendengar yang baik.

Tanyakan kabar sahabat-sahabat anda. Jangan selalu membicarakan tentang masalah anda. Persahabatan tidak akan bertahan kalau anda hanya berpusat pada diri anda sendiri.

Persahabatan memberikan rasa saling memiliki dan kenyamanan. Persahabatan bertindak sebagai penahan dari kerasnya hidup dan menolong anda menciptakan rasa kegembiraan. Mereka menawarkan rasa kasih dan dukungan. Dan persahabatan membuat anda merasa penting dan dibutuhkan dengan memberikan anda kesempatan untuk memberi rasa nyaman dan persahabatan juga.

sumber : http://www.perempuan.com/new/index.php

3 responses to this post.

  1. slam kenal

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: